Indonesia dan Jepang Berkolaborasi lewat ‘The Man from the Sea’


News Share to
Credit: kompas.com

The Man from the Sea adalah karya terbaru hasil kerja sama antara Kaninga Pictures dan Nikkatsu, produsen film asal Jepang. Hubungan antara Kaninga Pictures dan Jepang memang bukan hal baru. Karena sebelumnya, mereka juga berperan penting dalam hadirnya rangkaian acara Studio Ghibli di Indonesia.

Film The Man from the Sea adalah hasil garapan sutradara Koji Fukada. Sineas asal Jepang itu telah dikenal melalui film-filmnya yang berjaya di beberapa festival film internasional, seperti Harmonium (2016) dan Au Revoir L’Ete (2013).

Koji menyatakan akan menyajikan cerita yang berbeda di film terbarunya ini. “Cerita ini fiksi, fantasi,” ungkapnya seperti yang ditulis oleh Kompas. Hal ini terlihat dari alur ceritanya yang bercerita tentang seorang pria yang terdampar di pesisir pantai sekitar Banda Aceh. Pria yang diperankan oleh Dean Fujioka tersebut akhirnya diberi panggilan “Laut” oleh orang-orang yang menemukan dirinya.

Ide cerita ini diakui oleh Koji berawal dari kunjungannya ke Banda Aceh pada 2011 lalu. Saat itu Koji menghadiri simposium dengan tema Joint Disaster Recovery. Seperti yang kita tahu, Jepang dan Aceh merupakan wilayah yang sama-sama pernah dihantam oleh bencana tsunami.

Ia pun berpendapat bahwa hal itu mengubah cara pandangnya terhadap alam serta nilai-nilai lainnya. “Pada saat itu, saya cukup mendapatkan gegar budaya karena mengetahui bagaimana fasilitas-fasilitas menghadapi musibah bencana alam di sana (Aceh) berbeda dengan Jepang.”

Koji juga mengungkapkan, “Kunjunganku ke Aceh mengubah pandangan saya terhadap nilai-nilai. Kota itu berada di antara ketertiban dan kekacauan. Saya penasaran apa yang akan terjadi jika anak muda Indonesia dan Jepang terhubung di situ. Fantasi inilah yang menjadi motivasi film The Man from the Sea.”

Perihal pemeran di film ini, tentunya ada juga aktor-aktor Indonesia yang akan turut berpartisipasi. Salah satunya adalah Adipati Dolken dan Siti Sekar. “Adipati, Sekar, dan beberapa pemain Indonesia lain adalah pemain-pemain unggul. Tak bisa dinilai mana yang lebih unggul antara pemain Indonesia atau Jepang. Namun aktor Indonesia langsung bisa akrab dengan artis-artis Jepang, dan itu sangat membahagiakan saya,” ungkap Koji.

The Man from the Sea rencananya akan tayang di Jepang terlebih dahulu pada awal tahun depan. Sementara di Indonesia sendiri rencananya akan hadir pada pertengahan 2018.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater