Alex Garland Persiapkan “Devs” sebagai Serial TV Perdananya


News Share to
Alex Garland/Credit: syfy.com

Bila berbicara soal pengalaman, Alex Garland memanglah masih jauh ketimbang sineas-sineas lainnya di Hollywood. Namun bisa dibilang bahwa kini Garland telah dianggap sebagai salah satu sutradara visioner yang memberi warna baru, terutama dalam hal fiksi ilmiah. Dia menuai sukses besar melalui film yang menjadi debut perdananya sebagai sutradara, Ex Machina (2014).

Sebelum Ex Machina, karier Garland banyak dihabiskan sebagai penulis dan produser. Sebagai penulis, tak hanya ranah film saja yang ia kerjakan, tetapi juga beberapa kali Garland menulis untuk video game, seperti Enslaved: Odyssey to the West dan juga Devil May Cry. Uniknya, di semua proyek yang ia kerjakan selalu menghadirkan tema fiksi ilmiah.

Setelah kesuksesan dengan Ex Machina, Garland kini siap untuk memasuki petualangan barunya dengan membuat serial televisi. Dilansir dari IndieWire, Alex melakukan kerja sama dengan FX untuk serial perdananya yang bertajuk “Devs“.

Seperti ciri khas Garland, Devs akan hadir dengan nuansa fiksi ilmiah yang kental. Dia mengungkapkan bahwa serial ini akan berlatar di San Francisco dan dirancang hanya untuk satu musim saja.

Alex pun membeberkan sedikit tentang serial barunya ini, “Devs adalah tentang aspek teknologi tertentu, yang mana berkaitan dengan data yang sangat, sangat besar serta kekuatan pemrosesan yang begitu kuat. Apa yang bisa terjadi ketika kamu menempatkan dua hal tersebut bersamaan.”

Sebelumnya Garland pernah mengungkapkan hal lain perihal serial baru ini. Dia juga menjelaskan apa yang menjadi pembeda dengan film terbarunya, Annihilation, “Ini semacam fiksi ilmiah, tetapi cenderung kepada teknologi yang berbasis fiksi ilmiah, sedangkan Annihilation lebih ke bentuk fantasi dan ‘halusinasi’ dari fiksi ilmiah,”

Alex melanjutkan, “Serial itu sedikit lebih ‘umum’ sebagaimana proyek yang telah saya kerjakan seperti Ex Machina atau Never Let Me Go, yang mengambil sesuatu dari dunia pada saat ini—bukan dunia kita di masa depan—lalu menghasilkan dugaan serta keputusan dari hal itu.”

Selain serial ini, Alex juga terlibat dalam beberapa proyek baru lainnya. Yaitu ada Annihilation dan juga sebagai penulis untuk Halo.

Garland merencanakan untuk memulai proses produksi dalam enam bulan mendatang. Dia juga mengamini telah memulai proses pemilihan pemeran dan juga pencarian lokasi.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater