19 September 1990: Premiere ‘Goodfellas’ di New York


Tokoh dan Sejarah Share to
Joe Pesci, Ray Liotta, dan Robert De Niro

Ada yang belum pernah menonton Goodfellas? Film yang satu ini memang tak asing lagi di telinga para pecinta film. Bisa dibilang, hingga kini Goodfellas menjadi salah satu film Martin Scorsese yang paling banyak digemari.

Hari ini atau tepatnya 18 September pada 16 tahun lalu, Goodfellas mulai tayang di beberapa bioskop Amerika Serikat dan sekitarnya. Memang ini bukan debut penayangannya. Karena Goodfellas sebelumnya telah tayang di Venice pada 9 September 1990.

Film ini mengadaptasi cerita dari buku Wiseguy: Life in a Mafia Family karya Nicholas Pileggi. Buku tersebut berisi kisah nyata seorang Henry Hill, mafia New York yang “aktif” pada 1955 hingga 1980. Hill sendiri diperankan oleh aktor kelahiran New Jersey, Ray Liotta. Awalnya Scorsese menamakan film ini dengan Wiseguy seperti bukunya. Namun ia dan Pileggi sepakat untuk mengubahnya menjadi Goodfellas.

Ray Liotta dan Lorraine Bracco

Selain Liotta, film ini juga dibintangi oleh Robert De Niro, Joe Pesci, Lorraine Bracco, Paul Sorvino, dan Frank Sivero. Performa mereka di film ini sangat membantu Goodfellas secara keseluruhan. Terbukti, Joe Pesci memenangkan Oscar kategori aktor pendukung terbaik dari film ini, dan Lorraine Brasco juga masuk nominasi aktris pendukung terbaik.

Label sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada juga tak hanya terbukti dari raihan Oscar dan Golden Globes saja. Toh, secara total film ini memenangkan 38 penghargaan dan 32 nominasi lainnya dari berbagai ajang. Selain itu, Goodfellas juga cukup sukses jika dilihat dari segi pendapatan. Dari budget sekitar 25 juta Dollar, mereka menerima pendapatan domestik hingga 46 juta Dollar.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater