10 Film Terbaik Tahun 2020


Kolom Share to

2020 adalah tahun yang berat bagi semua pihak, termasuk industri perfilman. Akibat pandemi Covid-19, berbagai kegiatan pun terhambat. Bioskop-bioskop terpaksa tutup untuk mencegah kerumunan. Penayangan film pun terpaksa harus ditunda. Bahkan sebagian studio akhirnya menyerah dan memutuskan untuk merilis filmnya lewat layanan streaming.

Namun bagaimanapun tahun 2020 tetap menelurkan berbagai film hebat. Kira-kira bisakah Kawan Kutu menebak apa saja deretan film terbaik di 2020?

Film-Film Terbaik Sepanjang Tahun 2020:

10. Palm Springs

Andy Samberg dan Cristin Miloti
Andy Samberg dan Cristin Miloti

Bagaimana kalau kalian hidup terjebak mengulang kejadian yang sama di hari yang sama? Tentu film dengan konsep ini sudah banyak dibuat. Namun Palm Springs berhasil memadukannya dengan variasi unik. Sehingga terasa seperti genre baru nan segar. Kawan Kutu wajib nonton film ini!

9. Sonic the Hedgehog

Sonic the Hegdehog garapan Jeff Fowler
Sonic the Hegdehog garapan Jeff Fowler

Siapa sangka Sonic yang diprediksi akan gagal total namun ternyata melebihi ekspetasi? Ya, walaupun trailer filmnya sempat dikecam habis-habisan. Jeff Fowler sukses membuat film adaptasi video game yang solid. Jangan lupa penampilan Jim Carrey yang begitu fantastis.

8. The Invisible Man

Elisabeth Moss di The Invisible Man
Elisabeth Moss di The Invisible Man

The Invisible Man bercerita tentang teror yang menimpa Cecillia Kass (diperankan oleh Elisabeth Moss). Ia diteror oleh sang mantan pacar yang memiliki baju canggih berteknologi manipulasi optik. Membuatnya terlihat “tak kasat mata”. Film ini jadi panggung untuk Elisabeth Moss. Setelah sempat menonjol pada serial TV, Elisabeth akhirnya mendapat kesempatan yang sepadan di layar lebar.

7. First Cow

John Magaro di First Cow
John Magaro di First Cow

Berlatar tahun 1820, First Cow bercerita tentang perjuangan seorang koki pengelana, Cookie (diperankan John Magaro) dan sapi miliknya. Dari sapi itu, Cookie mendapat mata pencaharian dan pelajaran hidup. Terdengar sederhana memang, namun Kawan Kutu harus tetap menonton film ini!

6. I’m Thinking of Ending Things

Jesse Plemons dan Jessie Buckley
Jesse Plemons dan Jessie Buckley

Tak bisa dipungkiri bahwa I’m Thinking of Ending Things adalah salah satu film terbaik dari Netflix di 2020. Bercerita tentang seorang wanita (Jessie Buckley) yang mengalami keraguan untuk menjalankan hubungan ketika bertemu dengan orang tua si pacar. Sang protagonis bertemu keanehan saat berkunjung ke rumah orangtua pacarnya.

5. Never Rarely Sometimes Always

Sidney Flanigan dan Talia Ryder di Never Rarely Sometimes Always
Sidney Flanigan dan Talia Ryder di Never Rarely Sometimes Always

Never Rarely Sometimes Always berkisah tentang Autumn (Sidney Flanigan), wanita muda pendiam yang hamil di luar nikah. Ia pun mengalami dilema moral terkait praktek aborsi.  Film ini memiliki dialog yang minim namun kekuatan ceritanya sangat kuat. Wajib Kawan Kutu tonton!

Baca Juga: Review Film Never Rarely Sometimes Always – Kekuatan Minim Dialog

4. Tenet

Robert Pattinson dan John David Washington di Tenet
Robert Pattinson dan John David Washington di Tenet

Christoper Nolan kembali membuat film dengan tema favoritnya, ruang dan waktu. Tenet bercerita tentang sebuah organisasi yang bisa memutar waktu. Film ini menampilkan bintang-bintang ternama. Mulai dari John David Washington, Robert Pattinson, hingga Elizabeth Debicki. Bisa dibilang Tenet adalah film Nolan yang sangat ambisius (dan rumit).

Baca Juga: Review Film Tenet – Dalam Tetapi Dangkal

3. Soul

Jamie Foxx Berperan sebagai Joe di Film Soul
Jamie Foxx Berperan sebagai Joe di Film Soul

Bagaimana jika proses pemilihan jiwa menjadi bentuk animasi?

Di film Soul, Kawan Kutu bisa melihat persis bagaimana prosesnya dengan karakter yang bervariatif dan berwarna. Dengan protagonis yang diisi suaranya oleh Jamie Foxx dan Tina Fey, Soul adalah film yang tak boleh terlewatkan oleh Kawan Kutu.

2. Minari

Steven Yeun Tampil Menawan di Minari
Steven Yeun Tampil Menawan di Minari

Minari, film fenomenal dari A24, berkisah tentang keluarga imigran Korea yang mengadu nasib ke wilayah pedesaan Amerika. Highlight utama film ini adalah performa Steven Yeun yang sangat bersinar. Minari semakin kuat dengan tambah para peran pendukung yang solid seperti Han Ye-ri.

1. Nomadland

Frances McDormand, bintang utama Nomadland
Frances McDormand, bintang utama Nomadland

Nomadland bercerita tentang seorang wanita yang kehilangan pekerjaannya. Akhirnya ia terpaksa menjual segala yang dimiliki, membeli van, lalu tinggal dan hidup berkelana mengelilingi Amerika. Dibintangi oleh Frances McDormand, film ini memang pantas menduduki nomor 1 karena mengajarkan nilai kesederhanaan.


Kutu Kamar

Penulis serta penjelajah juga idealis & semua pasti dijamah.