Tren Spin-Off: Prekuel Game of Thrones, John Wick, Hingga Lord of The Rings


Featured Share to

Sebuah film atau tayangan biasanya sudah menyuguhkan kisah yang cukup luas, yang dibangun melalui pemilihan tema, set, karakter dengan sudut pandang beragam, hingga alur cerita yang sangat bervariasi. Namun, seringkali sebuah kisah tidak selesai diceritakan satu kali, dua kali, bahkan lima kali sekalipun.

Hal tersebut bisa merupakan sebuah kesengajaan yang direncanakan sejak awal, sebagai pemilihan fase cerita, strategi bisnis, ataupun lainnya. Namun ada juga kisah yang berkembang seiring dengan berjalannya kisah yang sedang diceritakan. Perkembangan tersebut dapat menjelma ke banyak bentuk, kisah lanjutan, kisah pendahulu, yang memiliki titik mula pada cerita yang sedang diceritakan.

Berikut merupakan film atau tayangan yang merupakan ‘anakan’ dari kisah yang ada sebelumnya dan berkembang menjadi ‘diri’-nya sendiri. Baik berfokus pada suatu karakter, maupun periode waktu tertentu.

The Purge Series – The Purge

The Purge (HeyUGuys.com)

Film The Purge, yang hingga saat ini telah memproduksi film ke-4 nya , sejak September lalu juga memiliki satu serial televisi. Kisahnya tentu tak jauh dari filmnya. Produser Eksekutif, James DeMonaco menjelaskan bahwa serial televisi ini memiliki kemewahan berupa durasi yang lebih lama dan hal itu memungkinkan terjadinya flashback yang lebih komprehensif dibanding dalam film.

Dalam serial TV ini, eksplorasi akan dilakukan lebih dalam dibanding filmnya. Flashback ke kehidupan normal di luar hari Purge, mengamati lebih dekat siapa orang-orang pada kehidupan biasanya hingga hal-hal yang menyebabkan mereka menjadi karakter tertentu ketika hari Purge tiba.

The Continental – John Wick

John Wick (MovieWeb)

John Wick juga meluncur dari layar lebar ke televisi, spin-off untuk film John Wick ini mengisahkan secara eksklusif tentang bekerjanya The Continental, hotel yang menjadi tempat berlindung atau area ‘netral’ para pembunuh bayaran.

Bintang John Wick, Keanu Reeves juga dikabarkan akan hadir dalam serial TV ini.

Statesman – Kingsman: The Secret Service

Statesman (inverse.com)

Kingsman akan meluncurkan film terbarunya nanti, sebuah prekuel bagi firma agen rahasia tersebut. Bukan hanya ini, Matthew Vaughn sang sutradara juga mengabarkan tentang spin-off Kingsman yang akan berpusat pada kisah tentang kerabat Amerika mereka yaitu, Statesman.

Serial TV ini diprediksi akan hadir setelah prekuel Kingsman nanti rilis.

Prekuel Game of Thrones

Poster Game of Thrones S7 (QuirkyByte)

Sebentar lagi serial adaptasi dari ciptaan George R.R. Martin ini akan meluncurkan season-nya yang terakhir, season 8. Namun pertunjukan seputar kisah epik ini belum mau juga berakhir. Sang penulis dan HBO merencanakan sebuah kisah prekuel dengan setting ribuan tahun sebelum peristiwa dalam Game of Thrones sekarang ini.

Aktris cantik Naomi Watts dikabarkan akan memainkan satu peran penting dalam kisah prekuel tersebut. Bergabung dengan Watts, Josh Whitehouse juga akan membintangi pertunjukan yang diprediksi akan muncul tahun 2020 ini. Whitehouse diisukan akan memainkan peran sebagai Lann the Clever (Pendiri House of Lannister) atau Bran the Builder (pendiri House of Stark).

Prekuel satu ini merupakan satu dari 5 rencana spin-off Game of Thrones nanti, namun yang satu inilah yang nampaknya paling dekat dengan proses produksi.

Hobbs and Shaw – Fast and Furious

Hobbs and Shaw (SlashFilm)

Dwayne Johnson dan Jason Statham akan memainkan perannya masing-masing di Fast and Furious dalam film spin-off ini. Sebagaimana judulnya, film ini akan berpusat pada kisah Hobbs dan Shaw dengan set pada tahun 80an. Sutradara David Leitch juga sudah menambahkan satu bintang baru untuk film ini yaitu Idris Elba yang akan menjadi tokoh antagonis melawan Hobbs dan Shaw.

Spin-Off Men In Black

Men In Black (Digital Spy)

Terakhir muncul pada tahun 2012, kini kisah seputar film sci-fi komedi aksi ini akan kembali lagi dan telah memulai proses produksi. Aktor Chris Hemsworth dan Tessa Thompson akan membintangi spin-off Men In Black sebagai agen MIB cabang London.

Film yang belum diberi judul ini diprediksi akan hadir pada Juni tahun depan.

Prekuel Lord of The Rings

Aragorn (Cultured Vulture)

Dari sekian banyak film/acara spin-off mungkin yang satu ini yang paling ditunggu-tunggu. Lord of The Rings akan memiliki serial spin-offnya sendiri yang tetap berdasarkan kisah dalam novel tulisan J.R.R. Tolkien beserta tambahan-tambahannya.

Amazon berencana akan luncurkan lima season dan pada tiap season akan berfokus pada karakter yang berbeda. Untuk season pertama, kisah akan berfokus pada Aragorn muda.

Rencananya serial ini akan muncul sekitar dua tahun lagi.

Furiosa – Mad Max

Furiosa (MovieWeb)

Pada film kedua Mad Max, Mad Max: Fury Road Furiosa menjadi salah satu karakter penting sepanjang film. Bahkan banyak yang percaya bahwa peran yang dimainkan Charlize Theron inilah yang merupakan karakter utama dalam film tersebut.

Meskipun belum ada informasi jelas mengenai spin-off ini, namun George Miller nampaknya akan mempertimbangkannya. Apalagi, sang pemeran Furiosa memiliki ketertarikan yang sangat untuk kembali memerankan karakter tersebut dan bekerja sama dengan Miller.

“Saya suka karakter itu, saya suka bekerja dengan George Miller….” Ia juga mengatakan bahwa ia begitu percaya kepada Miller dan bahkan tak perlu membaca naskah lagi.

___

Selain film-film dan acara yang telah disebutkan di atas sebenarnya masih banyak lagi spin-off yang akan muncul, baik yang baru sekedar kemungkinan seperti Furiosa hingga yang sudah dalam tahap perkembangan. Spin-off The Bourne, How I Met Your Mother, Star Wars (yang tak cuma satu), dan lain-lain.


Kutu Biru

Wanna die nyender