Sinopsis Resmi Rilis: Menerka Joker-nya Joaquin Phoenix


News Share to

Warner Bros. rilis sinopsis film Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix. Film yang telah memulai produksi sejak September lalu itu sebenarnya telah menyebar logline yang sedikit banyak menggambarkan apa yang ada pada sinopsis resmi ini. Namun, pada sinopsis ini terdapat beberapa penekanan yang cukup mengejutkan. Begini isinya:

Joker berpusat pada pembalasan yang ikonik, kisah standalone yang sebelumnya tak pernah tampil di layar lebar. Eksplorasi Arthur Fleck (Joaquin Phoenix), seorang yang diabaikan masyarakat, bukan hanya studi karakter yang berani, tapi juga kisah peringatan yang lebih luas.”

Joaquin Phoenix, Joker (People.com)

Sebelumnya kita sudah tahu bahwa film Joker arahan Todd Phillips ini tidak terkait dengan DC Extended Universe, namun tetap berpikir bahwa kisah film Joker yang berlatar pada tahun 1980-an ini merupakan kisah awal Joker-musuh-Batman yang selama ini kita tahu, yang sebelumnya pernah diperankan Jack Nicholson, Heath Ledger yang ikonik, dan yang terbaru Jared Leto. Tapi, kalimat “kisah standalone yang sebelumnya tak pernah tampil di layar lebar” pada sinopsis tampaknya mengindikasikan sesuatu yang tidak kita duga. Bagaimana jika ternyata Jokernya Joaquin Phoenix ini bukanlah Joker yang selama ini kita kenal?

Selama ini, kemunculan Joker merupakan reaksi atau antitesis dari Batman. Namun, kita harus ingat plot dalam film ini berlatar pada era 80an—jauh sebelum Bruce Wayne menjadi Batman—yang berpusat pada kisah Arthur Fleck, seorang stand-up comedian yang gagal di Gotham City dan menjadi kriminal berbahaya dan kisah inipun melibatkan hadirnya keluarga berpengaruh di Gotham City, keluarga Wayne. Warner Bros. telah menentukan bahwa Brett Cullen akan memerankan Thomas Wayne, ayah Bruce Wayne yang masih anak-anak kala itu. Karakter Alfred Pennyworth juga telah mendapatkan pemerannya, yaitu Douglas Hodge. Sementara slot untuk pemeran ibu Bruce, Martha Wayne masih kosong.

Tentu hadirnya keluarga Wayne (orang tua Bruce yang masih hidup) membuat kisah menjadi menarik dan saya setuju dengan Adam Holmes dari Cinemablend bahwa peran Bruce-lah yang paling menarik. Bruce Wayne (Dante Pereira-Olson) yang tak lain adalah ‘calon Batman’ kala itu masih berusia sekitar 8-12 tahun. Sementara Arthur Fleck yang diperankan Joaquin Phoenix (44) sudah jauh lebih dewasa dibanding Bruce. Anggaplah Arthur Fleck disini seumuran Phoenix, berarti ia lebih tua sekitar 30 tahun dibanding Bruce. Dan Bruce baru akan menjadi Batman mungkin 20 tahun kemudian, ketika usia ‘Joker’ menginjak kepala 6 menuju 7.

Joaquin Phoenix, Joker (Vice)

Tentu sebagai film standalone, Joker tak perlu begitu mementingkan hubungannya dengan garis waktu Batman di DC Extended Universe. Seperti serial TV Gotham City yang mengeksplorasi tentang kota tersebut tanpa Batman. Namun, perbedaan usia antara Arthur Fleck dan Bruce Wayne tetap pula menjadi suatu hal yang menarik. Joker yang selama ini kita tahu berusia tidak jauh dari Batman, itulah mengapa permusuhan antara mereka bertahan lama dan sengit.

Singkatnya, mungkin Joker yang diperankan Joaquin Phoenix bukanlah Joker yang nantinya akan menjadi lawan Batman namun berkat kepopulerannya di Gotham City ia menjadi pengaruh yang kuat bagi hadirnya Joker-musuh-Batman sang ksatria kegelapan.

Joker direncakan akan rilis 4 Oktober 2019. Selain Joaquin Phoenix, Brett Cullen, Douglas Hodge, dan Dante Pereira-Olson, aktor kawakan Robert De Niro juga akan tampil dalam film ini.


Kutu Biru

Wanna die nyender