Shaquille O’Neal Menuju Oscar


News Share to

 

Nampaknya penggemar bola basket boleh bersenang hati, dilansir dari The Hollywood Reporter, bahwa legenda NBA, Shaquille O’Neal, dikabarkan akan menjadi salah satu produser yang cukup berpotensi untuk mendapatkan tempat di ajang penghargaan Oscar. Shaq adalah produser dari Killer Bees yang merupakan sebuah film dokumenter panjang tentang tim basket Bridgehampton High School 2015. THR mendeskripsikan film itu seperti melihat “Killer Bees” sebagai kelompok yang pantang menyerah terhadap kompetisi antar negara yang sedang mereka ikuti, sementara di sisi lain mereka dihadapkan dengan masalah rasisme.

Dokumenter ini mendapatkan beberapa ulasan yang positif dari berbagai kritikus. Memang jika dilihat secara historis, O’Neal sudah tidak asing lagi dengan industri film. Pada pertengahan 90-an, ia pernah membintangi sebuah karakter di film Kazaam (1996) dan Steel (1997). Namun dua film tersebut mendapatkan skor yang sangat rendah dari Rotten Tomatoes.

Terlepas dari akting, ia sebelumnya pernah menduduki kursi eksekutif produser, dalam sebuah dokumenter berbasis agama dan masalah humanitas pada tahun 2017 lalu, yang berjudul A Week in Watts.

Hubungan antara dunia basket dan Hollywood ini jelas bukan hal baru. Film-film bertema bola basket seperti Hoosiers (1986), White Men Can’t Jump (1992), dan Coach Carter (2005), sangat dicintai oleh penggemar bola basket. Terlebih lagi, hubungan antara pemain bola basket dan film bukanlah hal baru. Pada tahun 1998, legenda Ray Allen pernah membintangi ikon Jesus Shuttlesworth di arahan Spike Lee yang berjudul He Got Game dan pada tahun 1996, Michael Jordan pernah membintangi Space Jam. Semua film tersebut sangat disukai karena berbagai alasan.

Tahun lalu, Kobe Bryant juga cukup mengambil andil, ia bekerja sama dengan animator Disney, Glen Keane dan legenda musik John Williams untuk memproduksi Dear Basketball, yang memenangkan Oscar untuk Film Pendek Animasi Terbaik. Sekarang, Kobe juga memproduksi sebuah podcast bercerita tentang anak-anak yang diberi judul The Punies.

Selain Bryant dan O’Neal, bintang bola basket lainnya yang masuk ke Hollywood yaitu Lebron James pernah muncul di Trainwreck karya Judd Apatow pada tahun 2015.

Sangat menarik untuk melihat bagaimana pemain basket terlibat dalam media selain olahraga, menggunakan kreatifitas mereka serta menggunakan status dan kekayaan mereka untuk mengembangkan sebuah kisah yang menarik, bijaksana dan sangat penting.


Kutu Laut

a man who loving the film without thinking too much when the film is bad