Rekomendasi Serial Baru di 2017 – (Bagian 1)


Opini Share to
Rachel Keller dan Dan Stevens di Legion (2017-)/credit: imdb.com

Menyaksikan serial memang menyenangkan. Kalau dibandingkan dengan menonton film, serial memberikan nuansa lain karena terbagi menjadi beberapa episode. Hal ini membuat para penonton seringkali disuguhkan dengan jalan cerita yang lebih detail. Selain itu, terkadang serial juga menghadirkan rasa penasaran yang membuat kita ketagihan untuk terus menyaksikan tiap episodenya.

Dengan berkembangnya layanan streaming seperti Netflix, Hulu, atau Amazon, penggemar serial pun kini memiliki opsi berlimpah. Pada akhirnya di setiap tahun cukup banyak serial-serial yang baru muncul dan berhasil menarik perhatian karena kualitasnya.

Nah, di sini saya akan memberikan rekomendasi beberapa serial terbaru di 2017 yang rasanya sayang jika Kawan Kutu lewatkan. Patut diperhatikan bahwa semua judul yang ada di dalam daftar ini hanyalah serial-serial yang baru mulai di 2017. Jadi, beberapa serial seperti Game of Thrones, Better Call Saul, atau The Leftovers tidak akan kami sertakan.

Oh ya, daftar ini juga bukanlah urutan berdasarkan mana yang terbaik ya.

1. Lemony Snicket’s: A Series of Unfortunate Events

credit: imdb.com

Mungkin Kawan Kutu pernah tahu tentang A Series of Unfortunate Events. Memang sebelum diangkat menjadi serial, judul ini juga pernah diadaptasi menjadi sebuah film yang dibintangi oleh Jim Carrey. A Series of Unfortunate Events sendiri bercerita tentang tiga anak dari keluarga Baudelaire. Seperti judulnya, serial ini dipenuhi oleh kejadian-kejadian yang tidak beruntung bagi anak-anak itu.

Dengan menghadirkan nuansa fantasi dan komedi yang kental, ditambah dengan cerita yang menarik, A Series of Unfortunate Events menjadi salah satu serial terfavorit saya di tahun ini. Selain itu, serial ini juga rasanya cocok untuk disaksikan semua umur, termasuk ditonton bersama dengan keluarga.

2. Legion

credit: imdb.com

Seiring dengan melonjaknya kepopuleran karakter superhero DC dan Marvel melalui film, serial-serial dengan tema serupa pun banyak bermunculan. Meski begitu, di tahun 2017 terlihat bahwa Marvel cukup gencar menelurkan beberapa serial baru. Dari banyaknya judul-judul baru yang muncul, salah satu yang Kawan Kutu tak boleh lewatkan adalah Legion.

Legion bercerita tentang David Haller (Dan Stevens), seorang mutan dengan kekuatan psikis, seperti telekinesis dan telepati. Yang membuatnya menarik, David diduga menderita schizoprenia sejak masih muda. Ya, bayangkan saja jika ada seseorang dengan kemampuan telekinesis tetapi dirinya memiliki masalah mental yang pelik.

Terlepas dari premis cerita yang unik, patut diingat bahwa Legion dibuat oleh Noah Hawley. Nah, bagi yang masih asing dengan namanya, Noah ini adalah orang dibalik serial Fargo. Ya, boleh dibilang Legion bukan sekadar kisah superhero pada umumnya, tidak hanya sebatas “kumpulan orang berkekuatan khusus yang menumpas kejahatan”. Namun Legion secara keseluruhan siap menawarkan banyak hal baru bagi Kawan Kutu penggemar serial.

3. One Day at a Time

credit: imdb.com

Kawan Kutu penggemar situasi komedi atau sitcom? Nah, One Day at a Time adalah salah satu sitkom baru yang harus kalian coba saksikan.

One Day at a Time bisa dibilang adalah sebuah reboot dari sitkom berjudul sama yang pernah tayang di CBS pada 1975 hingga 1984. Seperti materi terdahulunya, sitkom ini tetap menggunakan ide cerita tentang perjuangan seorang wanita “single parent“. Elemen pembedanya, di versi terbaru ini hadir sosok Lydia Riera (Rita Moreno) yang menghadirkan sosok nenek. Dalam kata lain, ada tiga generasi yang hidup dalam satu atap.

Namun perbedaan besar adalah pada tentang isu-isu yang dihadapi para karakternya. Tentunya konflik yang hadir pun disesuaikan dengan kondisi pada saat ini. Yang menarik lagi adalah pemilihan keluarga dengan kebudayaan Kuba menjadi sentral cerita.

4. The Good Fight

Cr: Patrick Harbron/CBS©2016 CBS Interactive, Inc. All Rights Reserved

Subgenre legal drama memang terbilang cukup asing di telinga. Secara garis besar, subgenre ini adalah hasil perpaduan antara drama dan fiksi kriminal. Biasanya, cerita di legal drama berfokus pada hal-hal seputar penegakan hukum, seperti proses pengadilan atau bagaimana seorang pengacara bekerja. Yang membedakan dengan genre crime pada umumnya, legal drama cenderung banyak menghadirkan situasi dan adegan di ruang pengadilan ketimbang proses investigasi. Nah, salah satu contohnya ada serial The Good Fight.

The Good Fight sendiri adalah sekuel dari serial The Good Wife (2009-2016). Serial ini melanjutkan kisah Diane Lockhart, yang masih diperankan oleh Christine Baranski. Meski mengawali kisah lewat Diane, tetapi musim pertama The Good Fight turut dimanfaatkan dalam membangun cerita ke depan melalui Maia Rindell (Rose Leslie).

Apa yang saya suka dari serial ini adalah kita tak perlu khawatir akan dibuat bingung dengan fakta bahwa The Good Fight merupakan sebuah sekuel. Karena terlihat dari penulisan cerita yang tak terlalu bergantung pada elemen-elemen dari serial terdahulunya. Jadi, kita tetap bisa menikmatinya meski tak tahu menahu tentang The Good Wife. The Good Fight juga cocok jika Kawan Kutu ingin mencari alternatif serial kriminal lainnya.

5. Big Little Lies

credit: imdb.com

Kalau ada serial baru di 2017 yang menarik perhatian saya sejak jauh-jauh hari dari jadwal perilisannya, jawabannya adalah Big Little Lies. Bukan karena saya pernah membaca bukunya, tetapi karena nama-nama pemeran yang meramaikan serial ini.

Big Little Lies adalah sebuah adaptasi dari novel berjudul sama karya Liane Moriarty dan terbit pada 2014 lalu. Cerita serial ini berpusat pada persahabatan tiga wanita, Jane, Madeleine, dan Celeste. Mereka pun memiliki masalah dalam hidupnya masing-masing, mulai dari masalah percintaan hingga tantangan mengurus anak dan keluarga.

Seperti yang telah disebutkan, Big Little Lies memang menghadirkan nama-nama besar dari dunia perfilman. Ada Reese Witherspoon, Shailene Woodley, Nicole Kidman, Alexander Skarsgård, Zoë Kravitz, hingga Laura Dern. Wow! Terlalu sayang untuk dilewatkan serial yang satu ini.

*****

Tenang, masih banyak judul-judul lainnya kok, berlanjut ke Bagian ke-2 ya.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater