Proyek Terbaru dari Spike Lee


News Share to

Dalam karirnya yang meluas selama puluhan tahun, Spike Lee telah membuat penonton terkesima dengan karya-karya yang telah ia hasilkan. Lee terkenal sering mengedepankan isu-isu penting seperti rasisme, sikap polisi yang sering kali brutal terhadap orang-orang kulit hitam, dan kasus kekerasan yang terjadi di daerah perkotaan.

Lee terkenal sebagai sutradara yang bisa mengeksplorasi masalah serius tersebut ditambah dengan rasa humor, tak jarang film-film yang dihasilkan Lee selalu mengundang tawa. Sementara banyak para penggemar yang menganggap bahwa masa kejayaan Spike Lee membentang di era 80-an hingga pertengahan 90-an, seperti film-film berjudul Do the Right Thing, Malcolm X dan Clockers. Namun Lee tetap saja Lee, dirinya yang sekarang tetap sama dengan Lee masa lalu yang mampu menghadirkan serta menciptakan film-film yang provokatif sekaligus menghibur.

Tahun ini, BlacKkKlansman film terbaru arahan Spike Lee, menerima pujian yang sangat positif dan meraih kesuksesan box office yang mengejutkan, Sementara pada tahun 2017 lalu, Lee mengadaptasi drama yang berjudul Rodney King yang terinspirasi dari kolaborator lamanya, yaitu Roger Guenveur Smith, yang di film tersebut bertindak sebagai penulis skenario dan aktor.

Via Variety

Di proyek mendatang, dilansir dari Variety, Spike Lee akan menyutradarai film biopik yang mengangkat salah satu tokoh terkenal dalam sejarah Amerika yaitu Frederick Douglass yang berjudul Frederick Douglass Now dan akan berkolaborasi kembali dengan Roger Guenveur Smith.

Terus terang, sebenarnya langkah Spike Lee untuk mengangkat tokoh Douglass ke dalam layar lebar sebenarnya agak terlambat, rekannya sendiri Roger Guenveur Smith telah melakukan hal tersebut dengan sangat progresif selama lebih dari dua dekade, Smith terinspirasi oleh kehidupan dan warisan yang ditinggalkan oleh Douglass, Smith mengkolaborasikan hal tersebut dengan pertunjukan seperti puisi dan lagu-lagu rap. Penggabungan tulisan Douglass dengan pertunjukan yang dilakukan oleh Smith telah menyatu dalam kehidupan modern sosial Amerika sekarang, yang terus memperjuangkan hak-hak kehidupan mereka dengan masalah rasialisme.

Roger Guenveur Smith Via : Variety

Frederick Douglass Now menandai adaptasi film ketiga Lee dari salah satu pertunjukan solo Smith. Sepanjang kariernya, Lee juga telah menampilkan Smith dalam peran kecil yang mengesankan dalam beberapa karya seperti Do the Right Thing, He Got Game, dan Malcolm X.

Frederick Douglass Now, memiliki potensi untuk melanjutkan kesuksesan Lee dan Smith, dalam mempertunjukan drama yang sangat sinematis yang berfokus pada tokoh-tokoh sejarah orang kulit hitam. Lee memang telah lama membuktikan bakatnya karena mengilhami cerita tentang sosok dari masa lalu dengan sindiran-sindiran yang cerdas hingga mengaitkannya dengan momen-momen politik yang sedang hangat diperbincangkan.

Smith dan Lee telah menempatkan orang-orang Afrika Amerika di garda terdepan. Mereka menggunakan pendekatan yang tidak kenal takut terhadap tema-tema sosial, dan telah menggunakan masa lalu untuk menunjukan perkembangan sosial masyarakat modern. Sebagai seorang sutradara, Lee adalah orang yang paling cocok untuk membuat Frederick Douglass Now.


Kutu Laut

a man who loving the film without thinking too much when the film is bad