Proyek Megah dari Denis Villeneuve


News Share to

Jauh sebelum hari ulang tahunnya kemarin, berita ini sebenarnya sudah lama diumumkan. Bagi kebanyakan orang, setelah mendengar kabar bahwa Denis akan menyutradarai film Dune, pasti menyambut baik salah satu sutradara maestro di genre Sci-Fi ini. Sejatinya Dune sendiri mempunyai tema unik yaitu mengenai keselamatan, tujuan dan sebuah pencarian jati diri. Hal itulah yang menyebabkan Dune sangat populer bagi anak-anak remaja maupun dewasa pada masanya.

Ketika Villeneuve berkata, “Dune akan menjadi Star Wars untuk orang-orang di era sekarang.” Dune sendiri ditulis dan dipublikasikan dua belas tahun sebelum A New Hope, dan memiliki pengaruh yang luar biasa pada keberlanjutan serial komiknya, yang dimulai dari seorang remaja laki-laki yang menemukan tujuan hidupnya di sebuah planet gurun.

Ini mungkin terlalu berlebihan, tetapi jika semua berjalan dengan baik dan Villeneuve berhasil mengatasi perpindahan 2 medium ini antara komik dan film, hal tersebut bisa memiliki potensi yang sama berpengaruhnya dengan waralaba Star Wars. Begitu banyak genre Sci-Fi yang kita lihat saat ini, dan tidak mungkin ada tanpa Dune.

Jadi sebagai harta karun yang tersembunyi, Dune menjadi sangat menarik untuk dinantikan. Pertanyaannya sekarang adalah apakah Villeneuve mampu menghidupkan Dune setelah 50 tahun tidak terdengar lagi? Menarik untuk dinantikan, sebab Denis adalah salah satu sutradara bertalenta dengan pikiran dan imajinasi yang sangat liar. Selanjutnya Dune sendiri sudah banyak serialnya, apakah semuanya berpotensi untuk dimunculkan ke dalam medium film?

Ini tentu tidak akan mudah karena dunia yang digambarkan dalam Dune begitu terperinci dan rumit sehingga terbukti terlalu sulit, bahkan bagi David Lynch sekalipun, untuk berhasil melakukannya. Namun dengan kemajuan teknologi saat ini dan kemampuan Villeneuve untuk menerjemahkan materi yang rumit ke dalam narasi yang indah dan koheren, hal itu bisa saja terwujud. Lihatlah bagaimana Blade Runner 2049 diciptakan, dan Dune rasanya mampu mendapat perhatian yang layak.

variety.com

Dune sebenarnya sudah dibuat versi filmnya pada tahun 1984 yang disutradarai oleh David Lynch, tetapi tidak terlalu cocok dengan penggemar dan kritikus. Namun Villeneuve mengatakan bahwa film yang akan ia buat ini tetap menghormati dan menghargai semangat dari Lynch.

Tentang Timothée dalam Keterlibatannya di Dune

Ketika membicarakan karier dari seorang bintang film, kita telah membuat sebuah istilah dasar. Umumnya, seorang aktor muda biasanya mendapat kesuksesan kariernya dalam ranah film indie. Bila beruntung dan berbakat, mungkin mereka akan dinominasikan dalam penghargaan Oscar. Kemudian, jika mereka benar-benar tidak membuat sensasi dan memiliki karier cemerlang, baik di mata publik dan industri, para aktor ini akan menjadi hal yang menarik dan disukai oleh sutradara kelas A.

wmagazine.com

Di situlah kita melihat Timothée Chalamet, aktor berusia 22 tahun yang sangat berbakat. Dia berhasil memukau penonton dan mendapat nominasi Oscar untuk Call Me By Your Name. Film terbaru yang diperankannya, Beautiful Boy pun mendapat begitu banyak apresiasi. Timmy, nama panggilannya, mendapatkan kehormatan untuk membintangi film Dune dan lebih baik lagi, dia akan diarahkan langsung oleh sang maestro, Denis Villeneuve.

Dune sendiri akan mulai syuting pada awal 2019.


Kutu Laut

a man who loving the film without thinking too much when the film is bad