Taskmaster di Black Widow (Sumber: screengeek.net)

Sekilas tentang Taskmaster, Villain di “Black Widow”


News Share to
Taskmaster di Black Widow (Sumber: screengeek.net)
Taskmaster di Black Widow (Sumber: screengeek.net)

Dari trailer film Black Widow yang dirilis dua hari lalu menampilkan beberapa sosok baru. Mulai dari Yelena Belova (diperankan oleh Florence Pugh) hingga Red Guardian (David Harbour). Selain itu ada satu lagi yang mencuri perhatian, yaitu Taskmaster. Ya, dia disebut-sebut yang akan mengisi peran villain di film ini.

Nah, sebenarnya siapa sih si Taskmaster ini? Yuk, mari kita bahas!

 

PERINGATAN: BERPOTENSI JADI SPOILER!

 

Anthony “Tony” Masters atau Taskmaster adalah salah satu villain di dunia Marvel. Kemunculannya pertama kali pada Mei 1980 lewat komik The Avengers, issue 185. Namun di situ ia hanya tampil sekilas saja. Baru di issue selanjutnya, Taskmaster mendapat debut penuhnya. Karakter Taskmaster sendiri dibuat oleh David Michelinie dan George Perez.

Kekuatan “Super” Taskmaster

Sebagai sosok villain, Tony bukanlah tipe yang memiliki kekuatan super. Meski begitu kemampuannya tetap merepotkan. Keahlian Taskmaster adalah meniru dengan apa yang disebut “photographic reflexes“.

Tony mampu menirukan gerakan atau keahlian tertentu lawan cukup dengan melihatnya saja. Kemampuan ini bisa membuatnya memiliki kemampuan bela diri mematikan selevel dengan Sang Chi atau Iron Fist. Dia juga bisa memiliki akurasi seperti Hawk Eye. Bahkan Taskmaster pernah menunjukkan gaya bertarung menggunakan perisai seperti Captain America.

Kekuatannya itu didapat dari sebuah serum khusus. Serum itu memang dirancang untuk meningkatkan kemampuan mengingat manusia secara drastis. Hal itu dimanfaatkan oleh Tony untuk menyerap informasi dengan cepat. Kemampuannya itu pun terhubung dengan muscle memory. Oleh karena itu, Taskmaster mampu meniru gaya bertarung lawan dengan cepat.

Penampilan Taskmaster di Komik (Sumber: inverse.com)
Penampilan Taskmaster di Komik (Sumber: inverse.com)

Status dan Dimensi Taskmaster sebagai Villain

Di dunia Marvel, Taskmaster lebih banyak berkecimpung di dunia kriminal. Tentunya bukan level “menghancurkan Bumi” atau “menghapus peradaban manusia”. Dia lebih banyak bersinggungan dengan organisasi kejahatan seperti HYDRA. Selain itu, ia juga sering melakukan pekerjaan sebagai tentara bayaran.

Taskmaster memang bukanlah sosok villain “papan atas”. Dia bukan dewa atau alien. Masters tak berada di level Thanos ataupun Loki. Namun dia adalah sosok penjahat yang sepadan untuk para hero Marvel yang serupa. Ya, tak punya kemampuan super.

Hal itulah yang membuatnya menarik. Mengingat dia tampil di film Black Widow, artinya kemungkinan besar kita akan disuguhkan koreografi pertarungan fisik. Mungkin seperti di film Captain America: Winter Soldier (2016). Bagaimanapun kehadiran Taskmaster semakin memperkaya Marvel Cinematic Universe.

Kalau menurut Kawan Kutu, bagaimana pendapat kalian tentang Taskmaster?


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater