Menerka Black Panther 2


News Share to

Sutradara-penulis Ryan Coogler telah mencapai kesepakatan dengan Marvel untuk kembali bekerja sama dalam proyek pembuatan sekuel film fenomenal, Black Panther. (Hollywood Reporter)

Black Panther (BBC)

Kembalinya Coogler ke Wakanda memang telah diduga. Bahkan hanya dalam hitungan minggu setelah Black Panther dirilis Februari lalu, Marvel dan Coogler banyak menerima permintaan untuk membuat sekuel film tersebut dari para fans. Meskipun kembalinya Coogler merupakan hal yang memang ditunggu-tunggu, namun yang menarik adalah bagaimana ia akan membuat Black Panther 2 nanti?

Pasalnya, T’Challa (Chadwick Boseman) sang tokoh utama merupakan salah satu korban dari penghancuran universe yang dilakukan Thanos di Avengers: Infinity War. Secara teori, T’Challa mati. Meskipun karakter-karakter yang menjadi korban akan melakukan comeback di Avengers 4 tahun depan, tetap saja kepastian mengenai raja Wakanda tersebut dan ceritanya di Black Panther 2 nanti akan menarik.

Chadwick Boseman di Black Panther (The National)

Menurut kabar yang dilansir Digital Spy, pada awal tahun ini produser Black Panther, Nate Moore menyatakan kemungkinan bahwa tahta Wakanda yang dipegang T’Challa (Chadwick Boseman) akan diturunkan kepada karakter lain, bisa saja Shuri (Letitia Wright), Okaye (Danai Gurira) atau karakter-karakter lainnya.

Kerahasiaan storyline untuk Black Panther 2 ini juga dibarengi dengan hal-hal lainnya. Hingga hari ini Marvel maupun perusahaan induk, Disney belum membeberkan kapan film ini akan dirilis, meskipun dikabarkan proses produksi akan dilakukan akhir 2019 atau awal 2020 nanti.

Masa Depan Black Panther

Tak perlu diragukan lagi, Black Panther memiliki kemampuan dan kesempatan yang besar untuk menjadi salah satu franchise andalan Marvel. Film pertamanya kemarin berhasil mencapai kesuksesan baik secara kritis maupun komersil, 1,3 milliar dolar diraup dari penjualan tiket di seluruh dunia.

Selain itu, narasi cerita yang diluar perspektif dominan juga menjadi pembeda bagi Black Panther. Seperti yang kita tahu, Wakanda merupakan negeri Afrika fiksi dan para cast film tersebut adalah aktor/aktris berkulit hitam. Sang sutradara, Ryan Coogler sendiri merupakan keturunan kulit hitam. Karena hal-hal tersebutlah Black Panther seolah membawa misi tambahan bagi terciptanya kesetaraan, terutama yang menyangkut hal-hal rasial.

Ryan Coogler. Photo by Evan Agostini, Shutterstock

Masa depan Black Panther juga bergantung kepada visi Ryan Coogler, meskipun Black Panther telah lama muncul dalam komik, namun film pertamanya yang rilis awal tahun ini tidak begitu terpaku kepada cerita di komik dan hal itu kemungkinan akan terjadi pula di sekuelnya.

Visi Coogler merubah citra Black Panther dari superhero ‘kelas b’ menjadi salah satu bintang utama di Marvel, dengan kesuksesan-kesuksesan yang telah diraihnya rasanya akan sangat ganjil jika Coogler dan timnya tidak diberi ruang seluas-luasnya untuk mengatur arah Black Panther nanti.

Akankah Black Panther mendapat posisi besar layaknya Iron Man di Marvel Cinematic Universe? Atau hanya menjadi -memakai istilah dunia musik- one-hit wonder yang kuat pada kehadiran awal namun ‘melempem’ setelahnya?


Kutu Biru

Wanna die nyender