Kemenpora Gelar Festival Film Pendek untuk Menyambut Asian Games


News Share to
Penyerahan Hadiah oleh pihak Panitia (Foto: viva.co.id)

Menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan festival film pendek untuk para sineas muda. Film-film yang dilombakan memiliki tema mendongkrak semangat para atlet.

Seperti yang dilansir dari viva.co.id (14/8/18), Djunaedi selaku Asisten Deputi I Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora mengungkapkan, “Festival Film Pendek kali ini akan menjadi sebuah momentum emas bagi para sineas muda, untuk mengadu kreativitas yang beriringan dengan perhelatan akbar multi event empat tahunan tingkat Asia di Jakarta-Palembang,”

Djunaedi pun menambahkan, “Mereka bisa berpartisipasi membuat film pendek dalam event Asian Games yang belum tentu mereka buat dalam kurun 30 tahun kedepan. Jadi eventnya seperti itu. Walaupun belum dapat juara dan hanya masuk nominasi, itu akan menjadi sebuah ingatan penting.”

Panitia dan juri untuk festival ini terdiri dari senior di dunia perfilman Indonesia, Slamet Raharjo, serta orang-orang yang berasal dari Kemenpora dan Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI).

Setelah melalui berbagai proses penilaian, diputuskan ada 10 film yang meraih nominasi, dan tiga di antaranya meraih penghargaan.

Festival ini dimenangkan oleh film yang bercerita tentang atlet pelari, Adharma, karya pemuda asal Bandung. Sedangkan di peringkat dua diraih oleh film karya mahasiwa Universitas Pakuan Bogor, dengan judul Mengucap Syukur. Film tersebut bekisah tentang atlet renang difabel.

Lalu di peringkat tiga ada film yang bercerita tentang atlet dayung berlatar belakang keluarga nelayan. Film ini adalah hasil produksi Aksara Buana dari Kepualauan Riau.

Dengan adanya festival seperti ini, harapannya para sineas muda lebih berani dalam membuat film. “Berkompetisi itu bagus. Pesan saya buat para sineas muda, jangan pernah takut membuat film,” ujar Slamet Raharjo yang dikutip oleh detik.com (14/8/18).


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater