Kartun Disney Tahun 1928 yang Hilang Ditemukan


News Share to

Selama 70 tahun, seorang sejarawan anime yang bernama Yasushi Watanabe memiliki salinan kartun Neck ‘n’ Neck yang menampilkan Oswald the Lucky Rabbit, dan baru menyadari bahwa kartun yang dimilikinya itu adalah satu dari tujuh karya awal Walt Disney yang dikira punah setelah membaca Oswald the Lucky Rabbit: The Search for the Lost Disney Cartoons. Buku yang rilis tahun lalu dan ditulis oleh animator senior Disney, David Bossert.

Watanabe membeli kartun Oswald the Lucky Rabbit di toko mainan dekat rumahnya di Osaka ketika ia masih remaja seharga 500 Yen atau sekitar Rp 65.000. Menurut Hollywood Reporter, kini salinan 16mm dari kartun itu menjadi koleksi Kobe Planet Film Archive di Jepang. Neck ‘n’ Neck sebenarnya berdurasi 5 menit, namun dipotong menjadi 2 menit untuk versi yang dapat diputar di rumah.

Mickey Mouse dan Oswald the Lucky Rabbit (Disney Wikia)

“Saya telah bertahun-tahun menjadi fans Disney, dan saya senang dapat memiliki andil.” Begitu komenter Watanabe kepada harian Jepang Asahi Shimbun, yang menghubungi David Bossert dan Walt Disney Archive untuk mengonfirmasi apakah kartun tersebut benar salah satu dari tujuh kartun yang hilang.

Oswald the Lucky Rabbit adalah karakter ciptaan Walt Disney pendahulu Mickey Mouse yang ikonik. Karakter ini dibuat pada tahun 1927 oleh Walt Disney dan Ub Iwerks serta didistribusikan oleh Universal Studios. Berkat kesuksesan yang diraih oleh karakter original pertama ini, Walt Disney dapat mengembangkan studio miliknya yang legendaris.

Namun sayang, setahun setelah pembuatannya, Disney justru kehilangan Oswald the Lucky Rabbit karena urusan kontrak dengan Universal Studios. Walt Disney bersama rekan-rekannya keluar dari Universal Studios setelah peristiwa itu, lalu ia menugaskan Ub Iwerks untuk mengembangkan karakter-karakter baru bagi studionya.

Ub Iwerks datang bersama sekumpulan ide tentang karakter binatang seperti, Clarabelle Cow, Horace Horsecollar, Flip the Frog, dan lainnya yang semuanya ditolak oleh Disney. Meskipun di masa mendatang tampil juga dalam serialnya. Hingga akhirnya, pada sebuah ruangan di studio bernama Laugh-O-Gram di Kansas City, Walt Disney melahirkan sebuah ide tentang karakter, yang bernama Mickey Mouse.

Walt Disney dan Ub Iwerks (Twitter, Walt Disney Family Museum)

Pada 2006, CEO Disney Bob Iger membawa kembali Oswald the Lucky Rabbit dan 26 film pendek asli mereka ke studio Disney setelah melakukan pertukaran bersama Universal. Kartun Oswald lainnya juga ditemukan dalam arsip British Film Institute pada 2015.

Ditemukannya Oswald yang hilang ini secara kebetulan hampir bertepatan dengan ulang tahun ke-90 Steamboat Willie, kartun Mickey Mouse pertama yang dirilis yang jatuh pada tanggal 18 November ini.


Kutu Biru

Wanna die nyender