Film dengan Nuansa Malam Tahun Baru


Opini Share to

Tak terasa ternyata kita sudah memasuki minggu-minggu akhir bulan Desember. Artinya sebentar lagi tahun akan beralih ke 2016. Bagaimana Kawan Kutu, sudah ada rencana untuk liburan akhir tahun? Menonton film bisa menjadi alternatif hiburan di malam tahun baru, loh. Bahkan biasanya ada beberapa stasiun televisi yang menyajikan film-film blockbuster.

Nah, saya juga punya beberapa rekomendasi film dengan nuansa malam tahun baru untuk melengkapi liburan Kawan Kutu. Oh ya, daftar ini bukanlah berupa urutan tertentu mana yang terbaik ya.

The Poseidon Adventure (1972)

Bercerita tentang perjalanan SS Poseidon, sebuah kapal pesiar yang terhantam oleh sebuah rogue wave (ombak dengan ukuran besar, kemunculannya sulit diprediksi) di tengah-tengah perjalanannya menuju Athena saat malam tahun baru. Kapal pun terbalik 180 derajat, memakan banyak korban dan membuat kepanikan besar. Namun ada beberapa penumpang yang berusaha keluar dari kapal dipimpin oleh Rogo (Ernest Borgnine) dan Scott (Gene Hackman).

Film ini diadaptasi dari sebuah buku karya Paul Gallico dengan judul yang sama. Selain itu, film yang disutradarai oleh Ronald Neame ini ada remake-nya dengan judul Poseidon (2006). The Poseidon Adventure juga mendapat kesan yang positif dengan memenangkan Oscar kategori Best Music Original Song dan Visual Effects. Juga masuk dalam beberapa nominasi Oscar di beberapa kategori lainnya.

When Harry Met Sally (1989)

Seperti judulnya, film ini bercerita tentang Harry (Billy Crystal) dan Sally (Meg Ryan) yang mengalami romansa yang berliku. Sutradara Rob Reiner dan penulis Nora Ephron mendapat banyak sanjungan dari When Harry Met Sally. Banyak yang mengakui bahwa ini adalah salah satu film drama romantis terbaik.

Kelihaian Nora Ephron sebagai penulis cerita juga membawanya masuk nominasi Oscar di kategori best writing. Yang paling berkesan dari When Harry Met Sally, di sini kita akan diberi banyak pandangan tentang hubungan pria dan wanita. Salah satu film yang tak boleh dilewatkan saat malam tahun baru.

Trading Places (1983)

Belum lengkap melewati malam tahun baru tanpa canda tawa. Film bergenre komedi, Trading Places yang dibintangi oleh Eddie Murphy dan Dan Aykroyd, adalah salah satu solusinya. Film ini menceritakan tentang broker kelas atas yang bereksperimen tentang kehidupan sosial dua orang dengan latar belakang yang berbeda.

Film ini dengan jelas menggambarkan kehidupan sosial secara satire. Richard Shickel, kritikus majalah Time menyebut Trading Places sebagai “salah satu film komedi yang memuaskan secara moral dan emosi”.

Fruitvale Station (2013)

Terinspirasi dari kisah nyata Oscar Grant yang dibunuh pada malam tahun baru di Stasiun transit Fruitvale, Oakland, California. Dibintangi oleh Michael B. Jordan sebagai Grant, Melonie Diaz, dan Octavia Spencer, Fruitvale Station mendapat pujian dari banyak pihak dengan nilai 85 dari metascore.

Tragedi kematian Grant yang diangkat ke layar lebar juga mendapat banyak dukungan terutama dari publik Oakland. Menurut saya, Fruitvale Station adalah film drama yang begitu kuat. Sangat banyak pesan yang bisa diambil tentang hidup dari film ini.

The Godfather: Part II (1974)

Sebuah sekuel dari The Godfather, menghadirkan dua plot secara beriringan. Plot pertama melanjutkan cerita tentang Michael Corleone (Al Pacino) dan yang kedua mengisahkan awal karir Vito Corleone. Bisa dibilang film ini adalah sekuel sekaligus prekuel dari The Godfather.

Mengapa saya merekomendasikan film ini? Selain karena filmnya yang kita sudah tahu seperti apa, di sini ada adegan dengan setting malam tahun baru yang sangat emosional. Bagi yang sudah menonton harusnya ingat adegan Michael yang mengetahui bahwa Fredo mengkhianatinya.

Boogie Nights (1997)

Dibanding film-film yang sudah disebutkan di atas, Boogie Nights menawarkan sesuatu yang berbeda. Film karya Paul Thomas Anderson ini bercerita tentang kehidupan Eddie Adams (Mark Wahlberg) yang sukses karena menjadi bintang film porno.

Nuansa malam tahun baru yang dihadirkan di film ini jauh dari suka cita. Little Bill (William H. Macy) mendapatkan fakta bahwa istrinya berselingkuh. Bill tak bisa menahan emosinya dan berakhir dengan tragis.

The Apartment (1960)

Pasti banyak dong, Kawan Kutu yang berencana menghabiskan malam tahun baru bersama pasangan. Jika ingin mencoba film romantis yang lumayan klasik, coba pertimbangkan The Apartment di dalam daftar tonton anda. Film ini bercerita tentang Bud (Jack Lemmon) yang bekerja di perusahaan asuransi dan kisah cintanya dengan Fran (Shirley MacLaine).

Momen saat malam tahun baru, Bud yang meninggalkan pesta membuat Fran menyadari bahwa pria itu adalah orang yang benar-benar mencintainya. Ini sering disebut-sebut sebagai momen paling romantis malam tahun baru di film Hollywood.

The Apartment adalah hasil karya Billy Wilder, salah satu sineas kenamaan di era keemasan Hollywood. Lewat The Apartment dia menjadi orang pertama yang memenangi Academy Awards sebagai produser, sutradara, dan penulis skrip untuk film yang sama.

Sunset Blvd. (1950)

 

Nah, satu lagi film klasik dari Billy Wilder, tapi kali ini bergernre noir. Sunset Boulevard bercerita tentang kejadian sebelum ditemukannya mayat Joe Gills (William Holden), screenwriter yang bekerja untuk film-film Hollywood.
Pertemuannya dengan Norma Desmond (Gloria Swanson), seorang aktris film bisu yang berencana membuat film tentang Salome. Norma yang tertarik pada Joe, memberinya pakaian mewah dan mengundangnya ke sebuah pesta malam tahun baru. Di sana Joe baru mengetahui bahwa dia adalah satu-satunya tamu dan juga menyadari bahwa Norma mencintainya.
*****
Sebenarnya masih banyak film-film yang bernuansa malam tahun baru, tapi rasanya daftar di atas sudah lebih dari cukup. Nah, mumpung masih ada waktu sebelum akhir tahun, Kawan Kutu bisa mulai persiapkan film-filmnya. Selamat berlibur Kawan Kutu!

Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater