Debut manis Jonah Hill sebagai Sutradara di ‘Mid 90s’


News Share to

Dalam kariernya di Hollywood sebagai aktor, Jonah Hill bisa dibilang sukses. Selama perjalanan karirnya, Hill telah berkolaborasi dengan beberapa sutradara mapan seperti Martin Scorsese, Coen Brothers hingga Quentin Tarantino. Pengalaman tersebut pun pada akhirnya mengantarkan Hill menjadi sutradara. Debutnya dimulai dengan film panjang yang berjudul Mid 90s, yang baru saja mendapatkan sanjungan hangat dan kritik yang baik di Toronto International Film Festival (TIFF) 2018.

(Sumber: dailymail.co,uk)

Malam sebelum Hill memulai produksi, ia mengunjungi Ethan Coen di sebuah restoran, dan meminta sutradara film legendaris tersebut beberapa nasihat sebelum ia mengambil take pertama dari film yang akan dibuat. Ethan Coen yang pernah bekerja dengan Hill di Hail, Caesar!¬†(2016),¬†mengatakan kepada Hill bahwa “coba dan nikmati saja, saya juga pernah sempat tertekan ketika saya pertama kali membuat film, dan malah tidak menikmatinya. Bahkan cobalah untuk menikmati stres dan juga nikmati kebaruan kamu sebagai sutradara.”

(Sumber: gawker.com)

Bahkan sebelum bertemu dengan Ethan Coen, Hill terlebih dulu mengadakan pertemuan secara ekstensif dengan Martin Scorsese. Berkat Scorsese dan kerja kerasnya, Hill sempat diganjar nominasi Oscar keduanya untuk peran sebagai Donnie Azzoff, rekan Jordan Belfort yang dibintangi Leonardo di Caprio.

Hill mengatakan kepada Vulture, dia awalnya berharap bertemu dengan Scorsese dengan durasi 15 menit saja, tetapi malah percakapan tersebut berakhir selama 4 jam. Hill sangat kagum dengan Scorsese, bagaimana dia memimpin semua kru dan para aktor yang terlibat saat syuting film The Wolf of Wallstreet (2013). Bagi Hill, sutradara yang baik adalah seseorang yang berhasil memecahkan masalah dengan dingin tanpa merugikan banyak pihak, dan Scorsese adalah pemecah masalah yang sangat cepat dan luar biasa. Dia adalah panutan bagi semua orang yang ingin menjadi sutradara.

(Sumber: indpendent.co.uk)

Hill juga mengunjungi sahabat dan rekan kerjanya, Seth Rogen, untuk menggali inspirasi. Rogen dan Evan Goldberg menulis Superbad (2007), yang membuat Hill mendapatkan perannya saat ia berusia 24 tahun.

“Saya harus menonton Seth dan Evan dan [sutradara] Greg Mottola, mereka membuat sesuatu yang benar-benar apa yang ingin mereka buat,” kata Hill. “Itu suara mereka, etika mereka, estetika mereka, emosi mereka.” Kontrol kreatif tim Superbad tidak pernah hilang di Hill. Ia ingin meniru semacam cara kreatifitas mereka pada debut penyutradaraannya.

(Sumber: fhismovie.net)

Mid 90s¬†dibintangi Sunny Suljic sebagai remaja muda yang tergabung dalam kelompok pemain skateboard di Los Angeles. Hill mengatakan tujuannya pada debut penyutradaraannya adalah untuk “menunjukkan bagaimana rasanya mencoba dan membuat jalan hidup sendiri” dan “bagaimana penerimaan dan proses terjadi secara bertahap atau kamu tidak akan melaluinya sama sekali.”


Kutu Laut

a man who loving the film without thinking too much when the film is bad