13 Februari 2001: ‘Crouching Tiger, Hidden Dragons’ Raih 10 Nominasi Oscar


Tokoh dan Sejarah Share to
Michelle Yeoh dan Ziyi Zhang

Pada tiap tahunnya, pengumuman peraih nominasi Oscar memang paling ditunggu banyak orang. Di gelarannya yang ke-73, atau tepatnya pada tahun 2001, sejarah baru terjadi untuk dunia perfilman. Crouching Tiger, Hidden Dragon menjadi film Asia pertama yang masuk ke nominasi Best Picture. Hal tersebut semakin spesial dengan tambahan sembilan nominasi lainnya.

Cerita Crouching Tiger, Hidden Dragon mengadaptasi novel keempat dari seri Crane Iron Pentalogy, karya Wang Dulu. Film yang berlatar Dinasti Qing ini mengisahkan dua prajurit, Li Mu Bai (Chow Yun Fat) dan Yu Shu Lien (Michelle Yeoh). Selain kisah cinta yang menjadi pusatnya, film ini juga diiringi oleh sinematografi, scoring, dan jangan lupakan adegan pertarungan “wuxia”, aliran bela diri tradisional Cina. Posisi koreografer pun diisi oleh Yuen Wo-Ping, ahli bela diri yang juga berjasa untuk kesuksesan franchise The Matrix, Kill Bill, dan Kung Fu Hustle.

Crouching Tiger, Hidden Dragon sendiri tayang pertama kali di ajang Cannes Film Festival pada 18 Mei 2000. Setelah itu baru dirilis ke pasaran pada bulan Juli, namun baru di negara-negara Asia dan Eropa. Di Amerika sendiri, film yang disutradarai oleh Ang Lee ini dirilis secara luas pada Desember 2001. Dengan pendapatan sekitar 60 juta Dollar di Amerika Serikat, Crouching Tiger, Hidden Dragon menjadi “film berbahasa asing” dengan pendapatan tertinggi, mengalahkan mengalahkan Life is Beautiful (1997) milik Roberto Benigni.

Yun Fat Chow yang Berperan sebagai Master Li Mu Bai

Kesuksesan Crouching Tiger, Hidden Dragon tak lepas dari kinerja sang sutradara, Ang Lee. Dari film ini dia memenangkan berbagai penghargaan termasuk Golden Globes, BAFTA, Directors Guild of America, dan Independent Spirit Awards. Namun sayang di ajang Oscar, dia dikalahkan Steven Soderbergh dengan film Traffic. Secara total, Crouching Tiger, Hidden Dragon meraih 10 nominasi dengan empat di antaranya berhasil meraih kemenangan.

Bisa dibilang, film ini memang sangat membantu karier Ang Lee sebagai sutradara. Situs ternama, Rotten Tomatoes pun berpendapat, “The movie that catapulted Ang Lee into the ranks of upper echelon Hollywood filmmakers, Crouching Tiger, Hidden Dragon features a deft mix of amazing martial arts battles, beautiful scenery, and tasteful drama.” Selain itu, film ini juga disebut-sebut sebagai salah satu film action terbaik di dunia hingga saat ini.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater