Christine Hakim Didapuk sebagai Ketua Komite Oscar 2018


News Share to
(Sumber: metrotvnews.com)

Christine Hakim baru saja ditetapkan sebagai pemimpin Komite Oscar 2018. Tim ini berfungsi sebagai penyaring dan penentu film apa yang akan dikirimkan sebagai wakil Indonesia untuk ajang Academy Awards 2019 kategori Best Foreign Language. Keputusan ini ditentukan oleh pihak Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), selaku badan yang ditunjuk oleh penyelenggara Oscar, Academy of Motion Pictures Arts and Sciences.

Dilansir dari Antara News, Firman Bintang selaku Ketua PPFI juga mengungkapkan anggota-anggota yang akan bekerja dengan Christine Hakim. Di antaranya adalah Marcella Zalianty yang akan bertindak sebagai sekretaris. Lalu anggotanya terdiri dari Mathias Muchus, Alim Sudio, Benni Setiawan, Fauzan Zidni, Hardo Suyoko, Jenny Rachman, Roy Lolang, Thoersi Argeswara, Yudi Datau, Zairin Zain, dan juga Firman Bintang yang akan turut berpartisipasi.

Penunjukkan Christine Hakim memang memiliki tujuan tertentu. Salah satunya adalah karena Christine dianggap memiliki pengalaman dan pengetahuan luas soal perfilman Indonesia. Beliau juga mengemban peran yang sama di tahun sebelumnya. Hal positifnya adalah terjaganya kesinambungan dalam menguasai persoalan yang akan dihadapi nantinya.

Firman Bintang juga mengungkapkan harapannya kepada PusbangFilm Kemendikbud agar menjadikan Komite Oscar sebagai prioritas utama. Terutama dalam hal pembiayaan promosi film Indonesia yang akan menjadi perwakilan.

Christine Hakim selaku ketua berpendapat bahwa hal yang paling penting bagi Indonesia adalah untuk memahami sistem yang berlaku di Oscar. “Kalau Iran bisa sangat diperhitungkan, kenapa Indonesia tidak bisa. Karena biasanya pemenang Foreign Film, filmnya sangat sederhana. Ihwal persoalan rumah tangga, dan bukan (film) yang kolosal,” ungkapnya.

Senada dengan Christine, Marcella Zalianti mengungkapkan perihal yang serupa. Dia berpendapat bahwa diperlukan pengumpulan data dan informasi terkait pemenang yang ada. Sehingga bisa memperjelas standar yang digunakan untuk menilai film.

Komite ini sudah mulai bekerja per 31 Agustus lalu. Film-film yang akan dinilai oleh Komite Oscar adalah yang tayang dalam rentang waktu antara 1 Oktober 2017 sampai 30 September 2018.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater