Buku ‘Bumi Manusia’ akan Diadaptasi ke Dalam Film


News Share to
Sumber: okezone.com

Satu lagi karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer yang akan diangkat ke medium film. Lebih tepatnya adalah novel yang berjudul Bumi Manusia.

Bumi Manusia adalah buku pertama dari seri Tetralogi Buru, yang terbit pada 1980 silam. Dengan latar belakang era kolonialisme Belanda, buku ini mengisahkan tentang lika-liku perjalanan Minke, anak pribumi yang bersekolah di Hoogere Burgerschool (HBS).

Meski dikenal sebagai anak yang pandai, tetapi tak sedikit yang membencinya karena sifatnya yang dianggap “terlalu berani” dalam menentang terhadap ketidakadilan serta tradisi yang ada. Selain itu, novel ini juga mengisahkan cerita cintanya dengan wanita bernama Annelies.

Dilansir dari detik.com, film Bumi Manusia akan digawangi oleh sutradara Hanung Bramantyo. Hanung akan dibantu oleh Salman Aristo sebagai penulis naskahnya.

Salman mengakui bahwa Minke ibarat lokomotif di dalam cerita Bumi Manusia, “Cerita dimulai dari dia, karena Minke kita tahu soal Nyai Ontosoroh, karena Minke kita tahu soal Annelies, karena Minke kita tahu kisah ada sanikem. Lokomotifnya adalah dia, dan Pram melakukan teknik itu,” ungkap Salman.

Film Bumi Manusia sendiri akan dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Minke. Dia akan beradu akting dengan Mawar Eva de Jongh (Annelies) dan Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh).

Bumi Manusia kini masih di dalam tahap pengembangan dan proses penulisan naskah. Pihak Falcon Pictures sebagai produsen pun belum memastikan tanggal perilisan film ini.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater