Andrew Bujalski: “Godfather of Mumblecore”


Tokoh dan Sejarah Share to

Nama Bujalski memang masih asing di telinga kita. Dia memang tak bisa disamakan dengan Steven Spielberg, Stanley Kubrick, atau Quentin Tarantino. Walau begitu, dia adalah salah satu orang yang berperan memberi warna baru di ranah perfilman dunia.

Andrew Bujalski lahir di Boston, Massachusetts, pada 29 April 1977. Dia dibesarkan di sebuah keluarga yang memiliki latar belakang pengusaha. Kedua orang tuanya, Edmund Bujalski dan Sheila Dubman merupakan orang yang berkecimpung di bidang bisnis. Meski begitu, darah seni Sheila yang merupakan mantan seniman turun kepada Andrew.

Pria berusia 38 tahun ini menimba ilmunya lewat jurusan Visual and Environmental Studies di Harvard. Di sana, dia bertemu dengan Chantal Akerman, seorang pembuat film asal Belgia yang bertindak sebagai “dosen pembimbing” Bujalski. Akerman sendiri terkenal dengan pengaruhnya sebagai orang yang feminis, termasuk pada karya-karya filmnya.

Membicarakan seorang Andrew Bujalski tentu tak bisa lepas dari yang namanya mumblecore. Mumblecore adalah sebuah subgenre dari film independen atau film indie. Jenis film seperti ini memiliki karakteristik dengan biaya produksi yang minim, penggunaan aktor-aktor amatir, dan fokus pada dialog yang natural.

Hubungan Andrew Bujalski dan mumblecore tak hanya sekadar film-filmnya yang termasuk dalam subgenre tersebut. Melainkan dia disepakati sebagai “Bapak Mumblecore” melalui film pertamanya, Funny Ha Ha, pada tahun 2002 lalu.

Istilah mumblecore baru dikenal pada tahun 2005 oleh Eric Misunaga, sound editor yang sering bekerja sama dengan Bujalski. Meski dia mengatakan tak pernah berniat dengan sengaja membuat genre mumblecore, tapi setelah Funny Ha Ha, mulai banyak sutradara lain yang bereksperimen untuk membuat film yang serupa.

Hal yang membuat adanya mumblecore terlihat dari dua film awal Andrew Bujalski, Funny Ha Ha (2002) dan Mutual Appreciation (2005). Di sana, dia bertindak sebagai sutradara, penulis, dan aktor. Selain itu teknik yang digunakan dalam merekam dan mengedit adalah dengan menggunakan peralatan Steenbeck (perangkat yang digunakan untuk mengedit film sebelum era digital).

Hingga kini, sebagai sutradara Andrew Bujalski telah menghasilkan 7 judul film, dua di antaranya adalah film pendek. Dia juga sering berkolaborasi dan berkontribusi sebagai aktor atau editor di film-film mumblecore yang lain.

Ciri khas film-film Bujalski adalah latar belakang karakter yang kebanyakan lulusan universitas, kaum menengah, dan pegawai kantor. Selain itu, tema yang diangkat tak jauh-jauh dari keinginan akan keseimbangan dan stabilitas di kehidupan nyata.

Salah satu adegan dari film Mutual Appreciation (2005)

Kreativitas Andrew Bujalski dalam membuat film dengan biaya minim juga telah diakui dengan namanya yang masuk di beberapa penghargaan. Lewat Funny Ha Ha, dia menyabet gelar film terbaik di Black Point Film Festival 2004 dan Independent Spirit Awards di tahun yang sama. Computer Chess (2013) memenangkan penghargaan di Sundance Film Festival dan San Francisco Film Critics Circle. Bahkan, karya terakhirnya, Results (2015) masuk nominasi film terbaik di Cleveland International Film Festival.

Kehadirannya memang membawa kesegaran di dunia perfilman. Meski film-film mumblecore hanya tayang di festival-festival film, tapi subgenre ini terus berkembang dan menjadi alternatif para pembuat film indie lainnya. Maju terus “Godfather of Mumblecore”!


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater