American Vandal: Season 1


Review, Tulisan Pembaca Share to
Credit: The Daily Beast

Kreator: Dan Perrault, Tony Yacenda
Pemeran: Tyler Alvarez, Griffin Gluck, Jimmy Tatro, Camille Hyde, Eduardo Franco, Camille Ramsey
Genre: Comedy, Mystery
Episode: 8

Waktu menunjukkan pukul 2 dini hari, hening kosan dihancurkan oleh suara ngakak gue nonton serial satu ini. Gila….

Netflix ngeluarin satu lagi original tv series-nya menjelang akhir tahun. Setelah dibikin pilu oleh 13 Reasons Why, lalu terbuai dengan Cali Cartel di Narcos Season 3, dan sambil nunggu Stranger Things season 2 rilis akhir bulan ini (WOHOOOOO!!!!) kita dikasih satu lagi serial yang BENER-BENER BEDA dari yang lain. Gue jujur aja baru pertama kali ini nemu film/serial dengan build-up conflict seunik ini. Sebuah kasus bodoh tapi dibikin seserius dan seniat mungkin dengan ala-ala documentary gitu, atau lebih tepatnya mockumentary.

Jadi kasus ini bermula ketika suatu hari di SMA Hanover, waktu itu hari libur dan otomatis gak ada siswa yang masuk, tapi ada rapat guru dan pegawai sekolahan gitu lah. Tapi tiba-tiba, sore itu jadi heboh dan bikin satu kota geger. Karena di parkiran sekolah, ada gravity gambar berbentuk hmm… penis.. ya itu. Gambar penis yang dibikin pake cat semprot di setiap mobil yang parkir disitu. Total ada 27 mobil.. dan 27 gravity penis masing-masing…. WKWKWKWKWKW :))))))

Pihak sekolah tentu marah besar dong, apalagi ini suatu bentuk vandalism tingkat serius wkwkwk LOL. Ada satu anak yang langsung diklaim sebagai pelaku atas kejadian ini, dia adalah Dylan (Jimmy Tatro). Ini anak emang reputasinya jelek banget, kelakuannya ga bener, somplak abis, sering nge-prank dan bahkan punya youtube channel spesialis ngisengin orang gitu, di kelas bikin rusuh, punya sejarah ga enak dengan guru-guru di sekolahan, kacau dah pokoknya ni orang. Lewat hearing dan kesaksian beberapa murid dan guru yang diadakan oleh pihak sekolah, akhirnya Dylan dikeluarkan dari sekolah dan harus nunggu pengadilan resmi yang akan dilakukan setelahnya.

Credit: Bustle

Lalu muncul si tokoh ini, seorang anak bernama Peter Maldonado (Tyler Alvarez) yang merasa janggal dengan penetapan secara sepihak bahwa Dylan adalah pelaku dari gravity-gravity penis ini. Bersama sahabatnya, Sam Ecklund (Griffin Gluck) mereka berusaha mengumpulkan clue satu-persatu, mencari benang merah, mengawal Dylan dan berusaha membuktikan bahwa pelaku sesungguhnya masih berkeliaran di luar sana…. so,who drew the dicks? 🙂

Serial ini seru dan kocak abis. Parah. Dengan kasus konyol kaya gitu, cara penyampaiannya dibikin kayak acara-acara crime layaknya criminal minds atau CSI yang serius gitu. Dengan camera on hand juga sangat keliatan real jadinya kaya documentary. HAHAHAHAH baru ini gue nemu serial yang bisa bikin ngakak saat adegan serius dan sungguh-sungguh, komedi nya itu bener-bener pure. Gue harus angkat topi dengan seluruh tim produksi dan tentu juga Netflix dalam hal ini… HEBAT! dan yang makin bikin gokil lagi adalah alur dalam serial ini juga ga mulu gitu-gitu aja, fakta-fakta yang ditemukan seiring berjalannya alur juga gabisa ditebak. Ada twist dalam twist eh dipikir udah kelar eh ada lagi. Never ending jawdropping.

Tokoh-tokoh dalam serial ini juga banyak yang ngaruh ke inti cerita. Ya wajar karena tragedi ini menyangkut satu sekolahan bahkan satu Kota. Beberapa titik terpisah coba disambungin oleh Peter dan Sam bermodalkan skill amatir investigasi mereka. Gue salut sama akting aktor yang meranin Dylan ini. Dapet banget slengean dan swagnya, blo’on-blo’on bodoh gimana gitu.

Dan gue awalnya ngira serial ini bahkan haha hihi ketawa ketiwi aja, rupanya makin ke ending dan sampai akhirnya klimaks, serial ini punya pesan dalem banget. Episode finalenya bener-bener dah. Walaupun tetap dengan hal-hal konyol yang digali secara serius, tapi serial ini punya sisi lain cerita disamping tragedi 27 mobil bergambar penis tersebut. Kaya 13 Reasons Why yang ngangkat kehidupan SMA, American Vandal ini lebih konyol namun ga kalah dalam soal value. You’ll never see anything like it. You’ll laugh and got your mind blown at the same time.

overall 96/100 for a lot of laugh and dicks

so….who drew the dicks?

– Edhim, Malang
(Penulis adalah pemilik blog Litmotion)


Kutu Butara

Biasanya demen nonton film ruang sempit dan serial crime/thriller.