James Cameron

7 Film James Cameron yang Wajib Kamu Tonton


Featured Share to
James Cameron
James Cameron (via vanityfair.com)

Kawan Kutu pasti sudah familiar dong dengan nama James Cameron. Ya, James adalah sineas penghasil film-film fantastis. Bahkan sebagian karyanya dianggap memiliki pengaruh kuat terhadap Hollywood dan dunia perfilman secara keseluruhan.

Meski telah berkarier sejak 1978, jumlah film yang James sutradarai sebenarnya tak begitu banyak. Total baru ada 15 film. Itu pun jika kita ikut menghitung film televisi yang berjudul Toruk: The First Flight (2016). Karena James hanya tercatat sebagai sutradara kolaborator di sana.

Nah, kira-kira film James Cameron mana yang wajib ditonton nih? Mungkin Kawan Kutu sudah bisa menebak film apa saja yang akan masuk ke daftar ini. Berikut adalah 7 film James Cameron yang wajib kamu tonton:

1. Aliens (1986)

Sigourney Weaver dan Michael Biehn di Aliens (1986)
Sigourney Weaver dan Michael Biehn di Aliens (1986)

Bagi Kawan Kutu penggemar film fiksi ilmiah alias sci-fi pasti tahu dong dengan film-film dari franchise Alien. Nah, James Cameron pun pernah terlibat langsung di franchise itu sebagai sutradara untuk film kedua mereka, Aliens (1986).

James mengakui bahwa ia menghadapi kesulitan pada proses pembuatan film ini. Kabarnya ia kesulitan bekerja dengan para kru. Alasannya karena mereka menganggap bahwa Cameron bukanlah orang yang tepat untuk menggantikan Ridley Scott, sutradara film Alien (1979).

Namun pada akhirnya, Aliens menjadi sebuah film yang sukses. Film ini berhasil meraih dua penghargaan dan lima nominasi Oscar. Secara total, Aliens mengumpulkan 20 penghargaan dan 23 nominasi dari berbagai ajang.

2. The Terminator (1984)

Arnold Schwarzenegger di The Terminator (1984)
Arnold Schwarzenegger di The Terminator (1984)

The Terminator adalah film yang melejitkan nama James Cameron ke panggung dunia. Bagi yang belum tahu, film ini bercerita tentang cyborg T-800 (Arnold Schwarzenegger) yang datang dari masa depan untuk membunuh Sarah Connor (Linda Hamilton).

Film ini juga dianggap lebih dari sekadar fiksi ilmiah atau fantasi belaka. Seperti yang diungkap Darian Leader, ahli psikoanalisis, The Terminator menjadi contoh bagaimana sebuah film mengekspresikan maskulinitas. Selain itu, Terminator juga mengeksplorasi potensi bahaya dari pemberontakan dan dominasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

3. Avatar (2009)

Sam Worthington dan Zoe Saldana di Avatar (2009)
Sam Worthington dan Zoe Saldana di Avatar (2009)

Siapa yang belum nonton Avatar? Kalau film yang satu ini sih memang populer banget, ya. Soalnya sering muncul di TV juga kan.

Kalau dibanding film-film James Cameron yang lain, Avatar itu sedikit berbeda. Patut diketahui bahwa James Cameron terkenal kerap menelurkan kisah-kisah yang brilian dalam filmnya. Ya, bukan berarti film Avatar itu ceritanya jelek, hanya saja tidak terlalu kompleks seperti film-film sebelumnya.

Sedangkan di Avatar, yang paling menonjol adalah dari segi teknis seperti visual efek, sinematografi, tata suara, hingga editing. Namun hal-hal tersebut tak sekadar menjadi pemanis, melainkan menjadi dobrakan besar bagi dunia perfilman. Ya, kira-kira seperti apa yang dilakukan oleh Star Wars pada masanya.

Pokoknya Avatar itu wajib ditonton!

4. Titanic (1997)

Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet di Titanic (1997)
Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet di Titanic (1997)

Mengangkat kisah tenggelamnya RMS Titanic pada 1912, James Cameron menghasilkan film brilian yang begitu populer di seluruh dunia. Ya, bahkan bisa dibilang popularitas kisah cinta di film Titanic hanya kalah oleh Romeo dan Juliet.

Titanic memang berporos pada kisah cinta Jake dan Rose. Namun kemesraan mereka juga diselimuti oleh perpisahan. Pada akhirnya, kedua hal itu menjadi esensi krusial dalam penyampaian tentang dampak emosional dari sebuah bencana.

5. Terminator 2: Judgment Day (1991)

Arnold Schwarzenegger di The Terminator 2 Judgment Day (1991)
Arnold Schwarzenegger di The Terminator 2 Judgment Day (1991)

Setelah sukses melalui film pertamanya, James Cameron dan Arnold Schwarzenegger kembali bekerja sama dalam pengerjaan sekuel Terminator.

Berbeda dengan sebelumnya, kini T-800 berada di pihak Sarah Connor. Ya, Terminator 2: Judgment Day memiliki antagonis baru bernama T-1000. Diperankan oleh Robert Patrick, T-1000 jauh lebih canggih dan mematikan.

Sebagaimana film James Cameron, Judgment Day juga menunjukkan kehebatan sutradara asal Kanada itu. Film ini tak hanya sekadar rangkaian action, tetapi juga dibungkus dengan megah. Selain itu, Judgment Day pun seolah menunjukkan perkembangan dan perlawanan terhadap karakter Terminator itu sendiri. Yaitu bagaimana T-800 kini berubah menjadi mesin yang memiliki hati nurani.

6. Aliens of the Deep (2005)

Aliens of the Deep (2005)
Aliens of the Deep (2005)

Awal era 2000-an, James Cameron sedikit bergeser dari blockbuster. Ia memulai proyek-proyek dokumenter bersama dengan Earthship Productions. Kalau kalian penggemar Cameron, tentunya harus mencoba tonton film-film dokumenternya. Salah satunya adalah Aliens of the Deep.

Film ini mengeksplorasi daerah pematang tengah samudra (mid ocean ridge). Cameron bergabung dengan grup dari NASA dan ahli biologi kelautan untuk meneliti tentang hydrothermal vents yang ada di Atlantik dan Pasifik.

7. The Abyss (1989)

Michael Biehn, George Robert Klek, Christopher Murphy, dan Adam Nelson di The Abyss (1989)
Michael Biehn, George Robert Klek, Christopher Murphy, dan Adam Nelson di The Abyss (1989)

Film ini bercerita tentang penyelamatan kapal selam milik militer Amerika yang tenggelam jauh di dasar laut. Namun dalam proses penyelaman, mereka menemukan sesuatu yang tidak terduga.

Ketegangan yang diberikan oleh The Abyss ini memang unik. Karena memanfaatkan ketakutan dan ketidak tahuan kita pada apa yang ada di kedalaman laut. Selain itu juga dengan dukungan visual yang ciamik, The Abyss rasanya bisa memengaruhi pikiran dan membuat penasaran pentonton.

Ya, ketimbang judul-judul di atas, The Abyss memang tak terlalu menonjol. Namun dengan keunikannya, film ini rasanya terlalu sayang jika dilewatkan.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater