Billy Wilder

5 Film Billy Wilder Wajib Tonton!


Kolom Share to
Billy Wilder
Billy Wilder

Billy Wilder. Sineas dari Hollywood Golden Age. Ya, bisa dibilang hingga kini Billy adalah salah satu filmmaker terbaik yang pernah ada.⁣

Filmnya cukup beragam. Dari noir, drama, hingga komedi. Prinsip utamanya dalam mebuat film adalah soal penulisan. Ia selalu menghindari penggunaan sinematografi yang “spektakuler”, seperti yang dilakukan Orson Welles atau Alfred Hitchcock. Karena baginya, hal itu bisa mengalihkan audiens dari cerita.⁣

Yup, film-film Billy identik dengan plot yang padat dan banyak dialog kuat.⁣

Ciri khas Wilder lain adalah tentang bagaimana ia memperlakukan para aktor. Ia cenderung menyesuaikan naskah dengan kepribadian sang pemeran. Billy beranggapan bahwa sebesar apa pun talenta si aktor, pasti punya batasan. Jadi, ketimbang memaksa mereka “bermain” di luar kemampuan, lebih baik memaksimalkan yang sudah ada saja.⁣

Tak pelak film-film garapan Billy jadi ikonik dan selalu masuk ke dalam jajaran film-film terbaik sepanjang masa.⁣ Berikut adalah 5 film Billy Wilder terbaik yang wajib Kawan Kutu saksikan:

1. The Apartment (1960)

The Apartment (1960)
The Apartment (1960)

Sedikit berbeda dengan film-film lainnya, Billy Wilder seolah melepaskan pandangan sinis yang biasa dia terapkan ke dalam film. Kali ini diganti oleh romansa, komedi yang hangat, dan kesedihan alami. Maka dari itu, The Apartment masuk ke dalam jejeran film terbaik Billy Wilder.

Dibintangi oleh Jack Lemmon and Shirley MacLaine, The Apartment berhasil memenangkan 5 Oscar, termasuk Best Picture, Best Director, dan Best Original Screenplay. Sebuah pencapaian besar untuk seorang Billy Wilder.

2. Some Like It Hot (1959)

Some Like it Hot (1959)
Some Like it Hot (1959)

Some Like It Hot adalah (salah satu) film drama komedi terbaik yang pernah ada. Performa brilian para bintang seperti Marylin Monroe, Tony Curtis, dan Jack Lemmon membuat film ini sangat menyegarkan. Padahal sebelumnya, Some Like It Hot sempat ditentang. Karena menyinggung dua hal tabu, homoseksualitas dan cross-dressing.

Film ini hingga saat ini telah dicap sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Sayangnya Some Like It Hot hanya memenangkan satu Oscar untuk Best Costume Design. Total film ini mengumpulkan 14 penghargaan dan 15 nominasi lainnya, termasuk di antaranya lima nominasi Academy Awards.

Baca Juga: Mengenang Sineas Legendaris Billy Wilder

3. Sunset Blvd. (1950)

Sunset Blvd (1950)
Sunset Blvd (1950)

Harus diakui bahwa Sunset Boulevard adalah salah satu film terbaik yang pernah ada di muka Bumi. Harian Time pernah menyatakan bahwa, “Hollywood at its worst told by Hollywood at its best.” Satu kalimat yang cukup mewakili keseluruhan film.

Sunset Boulevard dibintangi oleh William Holden, Gloria Swanson, Erich von Stroheim, Nancy Olson, dll. Wilder bekerja sama dengan Charles Brackett untuk menulis naskahnya.

Film ini total meraih 3 Oscar, termasuk kategori Best Story, Screenplay. Selain itu Sunset Blvd juga meraih 8 nominasi di Academy Awards.

4. The Lost Weekend (1945)

The Lost Weekend (1945)
The Lost Weekend (1945)

The Lost Weekend mengangkat topik soal kecanduan alkohol. Film ini dibuat dengan perpaduan gaya film noir dan realisme ala dokumenter. Membuat penonton terbenam ke dalam pengalaman gelap. Film ini dibintangi oleh Ray Milland, Jane Wyman, Phillip Terry, dll.

Melalui film ini, Billy Wilder meraih gelar Oscar dan Golden Globes pertamanya di kategori Best Director. Total film ini memenangkan 4 penghargaan di Academy Awards.

5. Double Indemnity (1944)

Double Indemnity (1944)
Double Indemnity (1944)

Diperankan oleh Frad MacMurray dan Barbara Stanwyck, Double Indemnity disanjung banyak pihak. Namun sayangnya, film ini tidak memenangkan satu pun Oscar meski mendapat total 7 nominasi.

Di dunia perfilman, Double Indemnity punya pengaruh kuat. Film ini sering disebut sebagai standar bagaimana seharusnya film noir dibuat. Total film ini meraih tujuh nominasi Academy Awards. Namun tidak ada satu pun yang berhasil dimenangkan.

Kira-kira selain kelima judul di atas, film Billy Wilder apa lagi favorit Kawan Kutu?


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater