4 Karakter Wanita DC akan Hadir di ‘Birds of Prey’


News Share to
Credit: (dccomics.com)

Birds of Prey adalah proyek film DC terbaru yang akan meneruskan kisah Harley Quinn (Margot Robbie). Menurut pernyataan yang dilansir oleh The Wrap, film ini akan berfokus seputar sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa karakter wanita DC. Selain Quinn, karakter yang akan hadir adalah Black Canary, Huntress, Cassandra Cain, dan Renee Montoya.

Sebenarnya adaptasi Birds of Prey bukanlah yang pertama kali terjadi. Pada 2002 lalu, Laeta Kalogridis membuat serial dengan nama yang sama untuk The WB. Namun sayangnya serial ini tidak dilanjutkan karena ratingnya terus menurun. Padahal di awal kemunculannya, serial Birds of Prey berhasil menarik 7,6 juta penonton. Selain itu, serial Arrow juga pernah menyinggung soal Birds of Prey dengan membuat episode dengan judul tersebut di season kedua.

Keempat karakter yang telah disebutkan di atas tentunya sudah tak asing lagi bagi penggemar DC.

Black Canary & The Huntress

Black Canary, yang memiliki nama asli Dinah Laurel adalah salah satu karakter wanita DC yang paling populer. Selain dari kemampuan bertarungnya, ia juga dikenal karena hubungan eratnya dengan Green Arrow. Karakter ini pun beberapa kali diangkat ke ranah live-action. Pertama kali diperankan oleh Danulta Wesley pada 1979 untuk program spesial NBC, Legends of the Superheroes. Setelah itu, Black Canary muncul di banyak kesempatan seperti di serial Birds of Prey (2002), Smallville, dan Arrow.

Seperti Black Canary, The Huntress juga termasuk karakter wanita yang populer di DC. Meski ada tiga nama yang pernah mengemban nama Huntress, tetapi yang paling terkenal adalah Helena Bertinelli. Nama yang juga menjadi kemungkinan besar dihadirkan di film ini. Karakter ini juga bukan kali pertama diadaptasi ke live-action. Karakter ini bersanding dengan Black Canary, seperti yang diperankan oleh Barbara Joyce di Legends of Superheroes (1979), Birds of Prey (2002), dan juga serial Arrow.

Cassandra Cain dan Renee Montoya

Dari keempat karakter di atas, hadirnya Cassandra Cain adalah yang patut diperhatikan. Pasalnya, Cain dianggap sebagai salah satu ahli bela diri terbaik yang ada di DC. Latar belakang kisahnya yang dipenuhi oleh penderitaan juga menarik untuk disimak. Selain itu, film Birds of Prey akan menjadi debut Cassandra di ranah live-acton. Karena dibanding karakter yang lain, Cassandra menjadi satu-satunya yang belum pernah diadaptasi.

Terakhir adalah Renee Montoya, seorang detektif yang bekerja untuk Gotham City Police Department. Karakter Montoya terbilang ‘muda’ karena baru muncul pada 1992. Meskipun begitu, pengembangan karakter Montoya terbilang signifikan di tahun-tahun berikutnya, dan berhasil meraih popularitasnya sendiri. Montoya juga pernah diangkat ke live-action melalui serial Gotham (2014-…).

Hingga saat ini baru Margot Robbie yang telah dipastikan menjadi bintang di Birds of Prey. Selain turut berperan dalam film ini, Robbie juga ikut andil sebagai produser. Ia akan bekerja sama dengan Sue Kroll dari Kroll & Co Entertainment dan Bryan Unkeless dari Clubhouse Pictures.

Namun film ini ternyata telah menetapkan Cathy Yan sebagai sutradara. Mantan jurnalis Los Angeles Times dan Wall Street Journal ini memang terbilang masih hijau di ranah perfilman. Namun kemampuannya mulai diakui ketika Yan membuat Dead Pigs (2018). Film tersebut berhasil menarik perhatian dengan memenangkan beberapa penghargaan di beberapa festival, seperti Sundance, Dallas, dan Göteborg.

Yan juga menjadi sineas wanita ketiga yang menangani film DC. Sebelumnya telah ada Patty Jenkins dan juga Ava DuVernay.

Di tengah-tengah keraguan publik terhadap film-film DC Extended Universe, Birds of Prey adalah proyek yang menarik untuk disimak. Setidaknya film ini akan menghadirkan nuansa berbeda untuk DC serta memperkaya kisah pahlawan utama mereka, Batman.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater