14 September 1982: Wafatnya Princess of Monaco, Grace Kelly


Tokoh dan Sejarah Share to

Di usianya yang ke-52, Grace Kelly harus tutup usia karena kecelakaan mobil yang dialaminya. Saat itu atau lebih tepatnya 13 September 1982, Kelly mengalami stroke ketika berada dalam perjalanan ke Monaco. Akibatnya, ia kehilangan kendali mobilnya dan jatuh dari lereng gunung dengan ketinggian 120 kaki atau setara 36,6 meter. Dia pun mengalami cedera serius dan berada dalam kondisi kritis, sebelum pada akhirnya meninggal keesokan harinya.

Karir seni peran wanita kelahiran 1929 tersebut dimulai dengan bergabung ke American Academy for Dramatic Arts di New York selepas sekolah. Pada 1949, ia melakukan debut di drama Broadway, The Father karya August Strindberg. Dua tahun kemudian, Kelly akhirnya mendapat kesempatan perdananya di Hollywood melalui film Fourteen Hours (1951).

Grace juga terkadang muncul di serial dan film televisi setelah itu. Namun lonjakan karirnya hadir ketika ia tampil sebagai lawan main Gary Cooper di film western, Hign Noon (1952). Kemampuan aktingnya pun mulai diakui saat tampil di Mogambo (1953). Ia berhasil memenangkan Golden Globes di kategori aktris pendukung tebaik dan masuk nominasi Oscar.

James Stewart, Grace Kelly, dan Alfred Hitchcock di set film Rear Window (1954)

Setelah Mogambo, Grace seolah menahbiskan dirinya sebagai salah satu aktris yang patut diperhitungkan. Hanya dalam rentang waktu yang terbilang singkat (1954-1956), ia menghasilkan delapan judul film. Deretan film tersebut termasuk dua karya Alfred Hitchcock, Dial M for Murder (1954) dan Rear Window (1954), serta The Country Girl (1954) yang disutradarai oleh George Seaton. Bahkan dari judul yang terakhir disebut, ia menyabet Golden Globes dan Oscar untuk kategori aktris terbaik.

Dengan paras cantik dan potensinya sebagai aktris, tentu tak sulit untuk Grace mendapat perhatian banyak orang, termasuk Pangeran Reiner III. Kelly pun memutuskan untuk melepas karir aktingnya setelah menikah dengan Pangeran Reiner pada 1956. Keduanya bertemu pada 1955 sebelum gelaran Cannes Film Festival. Mereka pun telah dikaruniai tiga orang anak.

Meski karir Hollywood-nya terbilang singkat, namun Grace Kelly telah menjadi ikon kecantikan dan glamor, terutama pada era 50-an. Kematian Putri Monako ini pun juga mengejutkan dan membuat jutaan penggemarnya berkabung.


Kutu Kasur

"Most of us are losers most of the time, if you think about it." - Richard Linklater